Berbicara di Depan Orang Banyak ( Public Speaking )

      
      Dari kecil saya belum pernah berpidato di depan orang banyak karena saya kurang percaya diri, tetapi sekarang berbeda. Dulu waktu akan presentasi di depan kelas saja saya sudah keringat dingin banyak yang keluar, tetapi entah ada apa sekarang presentasi di depan mahasiswa lainpun saya lakukan dengan santai tidak banyak dag dig dug dan lain sebagainya. Ya ada sedikit cemas jika ada materi yang kurang saya kuasai dan harus di jelaskan. Tetapi setelah mengikuti kuliah kemarin jum'at tanggal 15 mei tentang Public Speaking saya jadi mengerti apa saja yang kurang pada saya saat berbicara di depan orang banyak. Dan juga saya mengerti bagaimana cara melakukan public speaking dengan baik walaupun tidak semua saya ketahui. 
     Tetapi saya akan melakukan dengan cara saya sendiri bagaimana melakukan public speaking dengan baik dan benar. Sekarang saya masih mencari bagaimana saya bisa mengendalikan audien jika saya ada di depan dan membuat mereka mendengarkan saya dengan baik dan tidak membosankan. Cukup sulit melakukan itu tetapi akan saya coba sedikit demi sedikit, pertemuan besok belajar public speaking dengan membawa catatan kecil untuk contekan jika materinya lupa. Mungkin besok akan kelihatan bagaimana saya melakukan public speaking di depan teman-teman mahasiswa saya. cukup sekian saja yang bisa saya tulis tentang materi public speaking tidak banyak yang bisa saya ungkapkan dengan kata-kata karena menurut saya untuk menjadi penceramah yang di sukai banyak audien haruslah langsung ke lapangan dan mempraktekkan langsung agar mendapat pelajaran dan yang paling penting adalah melihat orang lain bagaimana mereka melakukan dengan baik dan benar dan dapat mengontrol audien dengan baik.

Pertemuan  Ke 9
Dosen : Lucky B Pangau, S.Sos, MM
Nama  : Adi Susanto
NIM    : 13.11.6987
Kelas   : 13 S1TI 04

0 komentar:

Komentar